close× Call Us +62 21 835 5105

Pedoman Ujian

UJIAN PROFESI PAI

Ujian profesi Aktuaris yang dapat digunakan sebagai persyaratan keanggotaan PAI, terdiri dari dua tingkatan, yaitu Level ASAI dan Level FSAI.
 
Ujian Level ASAI:
  1. A10 – Matematika Keuangan
  2. A20 – Probabilita dan Statistika
  3. A30 – Ekonomi
  4. A40 – Akuntansi
  5. A50 – Metoda Statistika
  6. A60 – Matematika Aktuaria
  7. A70 – Pemodelan dan Teori Risiko
Ujian Level FSAI:
  1. Semua Ujian Level ASAI
  2. F10 – Investasi dan Manajemen Aset
  3. F20 – Manajemen Aktuaria
  4. Ditambah minimum satu mata ujian:
  • F31 – Aspek Aktuaria dalam Asuransi Jiwa
  • F32 – Aspek Aktuaria dalam Dana Pensiun
  • F33 – Aspek Aktuaria dalam Asuransi Umum
  • F34 – Aspek Aktuaria dalam Asuransi Kesehatan
Peserta  tidak  harus  menempuh  ujian  menurut  urutan  mataujian  sebagaimana  dijelaskan  di atas.  Walaupun  untuk  mengikuti  modul  ujian tertentu  peserta  disarankan  telah  memiliki pengetahuan yang diujikan pada modul ujian lain, tidak berarti peserta harus menempuh ujian menurut  urutan  modul  ujian  tersebut. Namun  demikian, peserta yang  belum menyelesaikan ujian level ASAI tidak diperkenankan mengikuti mataujian berseri “F“.

UJIAN SERTIFIKASI PAI

Selain Ujian profesi Aktuaris, PAI melaksanakan ujian sertifikasi dengan gelar Certified Non Life Analyst (CNLA) untuk menyiapkan analis aktuaria di asuransi umum. Penyelenggaraan ujian dilakukan bersamaan dengan ujian profesi Aktuaris, yaitu dengan mata-ujian sebagai berikut:

Ujian Sertifikasi CNLA
  1. A10 – Matematika Keuangan
  2. A20 – Probabilita dan Statistika
  3. A40 – Akuntansi
  4. Pelatihan Analis Aktuaria Asuransi Umum ( contact PIC : Ibu Erika Agatha (08129437314) )

PENDAFTARAN UJIAN

  • Peserta harus melakukan pendaftaran secara ujianonline melalui website PAI (www.aktuaris.or.id)
  • Mentransfer biaya ujian sesuai ketentuan yang berlaku ke rekening PAI:
    Bank Mandiri Cabang Tebet Raya
    No. Rek.: 124-0000-555-772
    a.n. Persatuan Aktuaris Indonesia
    Dengan mencantumkan Nama lengkap, kode ujian, sesi ujian (Contoh: Budi Cahyono A10,A20, sesi Mei 2017)

    Informasi lebih lanjut mengenai jadwal, tempat dan biaya ujian dapat dilihat pada website category "Ujian dan Pendidikan" 

CATATAN

  • Jika pembayaran dilakukan secara INDIVIDU oleh Anda, maka silahkan konfirmasikan pembayaran Anda di dalam pendaftaran ujian online PAI
  • Jika pembayaran dilakukan oleh PERUSAHAAN Anda, maka silahkan meminta pihak administrasi Anda (HRD/FINANCE) untuk melakukan konfirmasi pembayaran ke finance@aktuaris.or.id dan cantumkan nomor invoice Anda
  • Peserta  yang  telah  mendaftarkan  diri akan menerima  surat  undangan  ujian. Apabila hingga 5 (lima) kerja sebelum  pelaksanaan  ujian  peserta  belum  memperoleh surat  undangan  ujian,  yang bersangkutan diminta menghubungi Sekretariat Komisi Kurikulum dan Ujian PAI.
  • Surat  Undangan Ujian dan  Bukti  Identitas harus ditunjukkan kepada Pengawas ujian saat  ujian  berlangsung.  Kegagalan  untuk  menunjukkan  Kartu  Peserta  Ujian kepada pengawas ujian dapat mengakibatkan peserta didiskualifikasi.

KEBIJAKAN UNTUK MAHASISWA
Mahasiswa yang hendak mengikuti  ujian  profesi aktuaris, khususnya modul ujian seri “A” harus menyerahkan copy kartu mahasiswa yang masih berlaku dan membuat surat pernyataan yang menyatakan   bahwa   calon   peserta   tidak   berstatus   karyawan di sebuah perusahaan apapun  pada  sesi  ujian  yang  berjalan,  dan  bersedia  menerima  sanksi  apabila dikemudian hari menyalahgunakan pernyataan tersebut.

Ketentuan ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang akan mengikuti mataujian seri “F”.

Mahasiswa wajib menyerahkan surat keterangan dari Universitas untuk tahun ujian yang akan diikutinya, Apabila diketemukan surat keterangan dengan tanggal dan tahun yang lama, maka pendaftaran ujian tidak akan kami proses. 
 

KETERLAMBATAN/ PEMBATALAN PENDAFTARAN/POSTPONE

  • Pada dasarnya peserta tidak boleh mendaftar setelah tanggal pendaftaran ujian ditutup. Namun apabila kursi ujian masih tersedia, maka peserta diperbolehkan untuk tetap mendaftar dengan biaya tambahan administrasi sebesar: Rp 200.000 per mata ujian.   
  • Peserta dapat membatalkan keikutsertaan ujian paling lambat 16 (enam belas) hari sebelum tanggal ujian . Pembatalan tersebut akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 per mata ujian.*
  • Pembatalan pada hari ke15 (lima belas) atau kurang dari 15 (lima belas) hari pelaksanaan ujian maka biaya ujian akan hangus (no refund) *   
  • Uang pendaftaran dikurangi dengan biaya pembatalan akan dikembalikan paling cepat setelah 1 (satu) bulan setelah pelaksanaan ujian.
  • PAI tidak memberlakukan penundaan (postpone) ujian dengan alasan apapun.
* hitungan kalender (bukan hitungan hari kerja)